Selasa, 11 Oktober 2011

Brainware (perangkat insani)

Brainware adalah Istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputerr. Manusia adalah yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkannya
Teknisi adalah orang-orang yang mengetahui teknologi dan membuatnya dapat beroperasi, disebut juga dengan istilah liveware. Di dalam sistem informasi adalah aspek manusia yang menangani proses komputerisasi . Beberapa perusahaan, membuat tingkatan sebagai berikut:
1. Data Processing Manager
Disingkat dengan DPM, disebut juga dengan Manager Pengelola Data, yaitu pimpinan unit yang bertanggung jawab atas keseluruhan proses berlangsungnya pekerjaan. Pejabat ini termasuk eselon tinggi.


2. System Analysts
Orang yang membuat /menganalisa perancangan alur/flow program , sehingga menjadi mudah dan gamblang untuk dibuat maupun dibaca.
3.  Programmers
Orang yang bertugas untuk membuat suatu program yang dapat digunakan pengguna komputer untuk memudah melakukan operasi computer
4. Machine Operator
Para petugas ini kadang-kadang dinamakan juga Computer Operator , karena menggarap langsung pengolahan data , menangani mesin komputer beserta komponen-komponennya, seperti key punch machine , tape machine, discs machine, dan lain sebagainya.
5. Data Entry Operator
Tugas Operator ini mengurus data yang akan diolah, mulai dari pengumpulan data, perekaman data ke dalam media komputer sampai pada pemeriksaan dan pengiriman informasi yang dihasilkan komputer.
6. System Administrator.
Tanggung jawab yang diemban oleh seorang system administrator (dikenal juga sebagai admin, administrator, , sysadmin, site admin, dll) diantaranya adalah memonitor konfigurasi keamanan, mengelola dan mengatur nama user dan password, memantau kapasstias memory penyimpanan serta perangkat-perangkat yang digunakan, melaksanakan prosea backup , dan melakukan setting terhadap alat-alat sertasoftware baru. Ruang lingkup kerja system administrator ini sangat bervariasi tergantung besarnya organisasi.

0 komentar:

Poskan Komentar